Wisata Pantai Serang di Blitar, Pantai Pasir Putih Yang Eksotis

Blitar merupakan salah satu kabupaten yang masih menjadi bagian dari Propinsi Jawa Timur, kabupaten yang satu ini pusat pemerintahannya berada di Kota Kanigoro yang sebelumnya satu wilayah dengan Kota Blitar. Wilayah Kabupaten Blitar sendiri tergolong luas dengan totalnya mencapai kurang lebih 1588 km² dengan jumlah populasi sekitar 1,2 juta jiwa, selain itu Kabupaten Blitar secara geografis lokasinya berada di bagian selatan Jawa Timur sehingga membuat kabupaten ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Kabupaten Blitar sendiri merupakan salah satu kabupaten yang cukup populer untuk dijadikan sebagai destinasi wisata di Jawa Timur, hal ini dikarenakan Blitar memiliki potensi wisata yang sangat besar. Ada banyak tempat wisata menarik yang sangat layak untuk Anda kunjungi untuk mengisi waktu di akhir pekan ataupun liburan panjang, salah satunya adalah Pantai Serang. Pantai yang satu ini merupakan salah satu pantai yang menjadi favorit para wisatawan yang mengunjungi Blitar karena pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis.

Wisata Pantai Serang di Blitar, Pantai Pasir Putih Yang Eksotis

1. Lokasi dan Akses Menuju Pantai Serang

Pantai Serang adalah salah satu pantai paling terkenal di Jawa Timur yang lokasi persisnya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar yang mana jaraknya kurang lebih 45 km dari pusat kota Blitar. Untuk bisa mencapai Pantai Serang ini, para wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dari Kota Blitar ataupun Kanigoro dengan mudah karena akses jalan menuju pantai ini sudah tergolong cukup baik.

2. Pesona Keindahan Pantai Serang di Blitar

Pantai Serang merupakan salah satu pantai di Jawa Timur yang akan menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat mempesona, Anda akan bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang luas dan berpadu dengan birunya air laut sehingga membuat pemandangannya sangat eksotis. Pada jaman dahulu, Pantai Serang dipenuhi oleh batuan berwarna putih yang indah sehingga pantai yang satu ini oleh masyarakat setempat dinamakan Batu Lintang Lataran.

3. Kegiatan Mengasyikkan di Pantai Serang

Para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Serang di Blitar bisa melakukan berbagai macam kegiatan yang seru dan mengasyikkan seperti misalnya bermain pasir, berjemur di atas pasir, bermain bola voli, hingga berenang di lautnya yang jernih. Selain itu para wisatawan juga bisa berinteraksi dengan nelayan dan juga menyaksikan aktivitas para nelayan di pantai ini seperti misalnya menangkap ikan dan juga lobster.

4. Ritual Larung Saji di Pantai Serang

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa memang memiliki aura mistis yang kuat, termasuk di Pantai Serang. Hal ini bisa dilihat dari ritual yang biasa dilakukan secara rutin di pantai ini yakni Larung Saji, ritual yang satu ini diselenggarakan setiap tanggal satu Suro setiap tahunnya di mana para wisatawan bisa menyaksikannya hanya dengan membayar 3000 rupiah sebagai tiket masuk.

Apabila Anda berencana untuk berwisata ke Kabupaten Blitar, maka Anda tidak boleh melewatkan Pantai Serang yang dikenal akan pemandangan alamnya yang begitu mempesona.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*