Wisata Pantai Pulau Merah, Pesona Kuta di Banyuwangi

Wisata Pantai Pulau Merah, Pesona Kuta di Banyuwangi – Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang masih merupakan bagian dari Propinsi Jawa Timur, kabupaten yang satu ini memiliki pusat pemerintahan di Kota Banyuwangi. Wilayah Kabupaten Banyuwangi sangatlah luas yakni mencapai kurang lebih 5782 km² yang mana menjadikannya sebagai kabupaten dengan wilayah terluas di Pulau Jawa. Kabupaten Banyuwangi secara geografis lokasinya berada di bagian ujung paling timur Pulau Jawa sehingga menjadikannya berbatasan langsung dengan Selat Bali dan Samudera Hindia.

Banyuwangi sendiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal sebagai tujuan wisata yang populer, hal ini dikarenakan Banyuwangi memiliki potensi wisata yang sangat besar di mana akan bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Anda bisa menemukan berbagai macam tempat wisata yang ada di Banyuwangi, Pantai Pulau Merah adalah salah satunya. Pantai yang satu ini sering disebut sebagai Pantai Kuta dari Pulau Jawa karena memang memiliki panorama alam yang sangat mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Pulau Bali, berikut ini ulasannya.

1. Lokasi dan Akses Menuju Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah merupakan objek wisata yang lokasi tepatnya berada di Desa Sumber Agung yang ada di sebelah selatan Banyuwangi. Lokasi Pantai Pulau Merah sendiri cukup tersembunyi sehingga  membuat akses jalannya menjadi cukup sulit untuk dijangkau, meskipun demikian hal tersebut tidak membuat para wisatawan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi pantai tersebut karena keindahan alamnya.

2. Pesona Keindahan Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, hal ini dikarenakan pantai yang satu ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona. Pantai Pulau Merah memiliki pasir berwarna putih yang menghampar dengan luas di sepanjang bibir pantainya, Anda juga bisa menemukan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar pantai.

3. Aktivitas Seru di Pantai Pulau Merah

Para wisatawan yang mengunjungi Pantai Pulau Merah di Banyuwangi juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru dan juga mengasyikkan. Beberapa aktivitas yang populer dilakukan oleh para wisatawan di Pantai Pulau Merah ini antara lain berjemur di atas pasir, bermain pasir, hingga voli pantai, selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga selancar karena ombak di pantai ini tergolong besar.

4. Perubahan Nama Pantai

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan nama Pantai Ringin Pitu, namun karena tanah di pantai ini warnanya sedikit kemerahan maka disebut dengan Pantai Pulau Merah. Ada juga versi lain yang menyebutkan bahwa pada jaman dahulu ada cahaya merah yang terpancar di sekitar pantai yang menjadi tanda dari pasang dan surutnya air laut sehingga pantai ini dinamai dengan Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Banyuwangi yang sangat sayang untuk dilewatkan karena pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*