Home Pendidikan Siswa Gresik buat replika bumi dari botol

Siswa Gresik buat replika bumi dari botol

403
0

Gresik (Antara Jatim) – Puluhan siswa dari SD Semen Gresik, Jawa Timur, membuat replika atau tiruan bumi dari ribuan botol plastik bekas air mineral untuk memperingati perayaan Hari Bumi di wilayah itu, Selasa.

Menurut salah satu guru kesenian dan keterampilan SD Semen Gresik Thomas A Cipto, pembuatan replika bumi itu memberikan pelajaran mengenai pelestarian lingkungan.

“Para siswa kami ajari agar tidak membuang sampah bekas air mineral di sembarang tempat, dan kita minta membuat replika atau tiruan bumi raksasa yang terbuat dari botol plastik bekas,” katanya.

Dalam pembuatan replika itu, Cipto mengaku meminta para siswa mengumpulkan 2.300 botol plastik sejak sebulan lalu.

“Proses pengumpulannya kami lakukan sejak sebulan yang lalu, dan setiap hari para siswa mengumpulkan botol bekas yang didapat dari rumah, maupun pinggir jalan,” ucapnya.

Cipto menjelaskan, pemilihan botol plastik bekas sebagai bahan dasar pembuatan replika bumi karena botol plastik termasuk kategori limbah yang tidak bisa diurai oleh tanah.

“Dengan memanfaatkan sampah plastik untuk mengasah kreatifitas siswa, kami berharap dapat menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak usia dini pada siswa,” katanya.

Sementara itu, salah satu siswa Azam Badaruzaman mengaku sangat antusias dalam mengumpulkan botol bekas, sehingga bisa memanfaatkan sampah yang terbuang sia-sia.

“Daripada dibuang dan mengotori lingkungan, lebih baik dimanfaatkan menjadi tiruan bumi raksasa, dan ini sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran,” katanya.

sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here