Mungkin ini yang sekian kali anak bangsa menggemparkan dunia dengan prestasi yang di capai dalam bidang ilmu pengetahuan. Misalnya saja yang belum lama ini menorehkan tinta emas dan mengharumkan nama Indonesia yaitu Nicholas Patrick. Seorang siswa sekolah dasar dari SD Kristen Cinta Hati yang baru berumur 11 tahun. Dia telah banyak memenangi lomba matematika tingkat nasional dan internasional.

Prestasi yang di capainya ini, seperti sebuah antiklimak tak kala melihat keadaan pendidikan yang ada pada saat ini. Namun bagi seorang Nicholas itu bukan masalah untuk mengukir prestasi yang membanggakan. Karena memenangi sebuah kompetisi internasional juga sama dengan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Pencapaian ini sebagai salah satu hal yang berangkat dari sebuah kesukaan dalam bidang tertentu. Ini yang menjadikan dia tidak seperti tertekan dalam menjalani dunia belajarnya, terutama matematika. Hal ini menjadikan sebuah gambaran, bahwa prestasi yang maksimal akan tercapai ketika itu sebuah hal yang disukai.

Dan deretan prestasi yang pernah di menenganinya. Pada tahun 2013 dia mememnagi sebuah kompetsi matematika di Amerika dengan mendapat juara satu. Nama kejuaran yang dikutinya itu bernama American Mathematic Competition (AMC) grade 8. Selanjtunya prestasi yang berhasil dia torehkan itu, dengan mendapat juara III International Mathematical Kangaroo Contest 2014 (in Benjamin level-for grade 5 & 6).

Sedangkan prestasi yang dia capai untuk tingkat nasional dan belum lama ini dengan memenangi mendali emas pada ajang Olimpiade Sains Nasional 2014. Selain mendapat emas diajang yang sama dia juga mendapat The Best Eksplorasi. Semua pretasi yang dia capai memberikan angin segar bagi masa depan bangsa Indonesia.

Selain menyukai dunia matematika dia juga sangat menekuni hobinya yang lain yaitu membuat game online. Hasil karyanya itu sudah ada lima game yaitu, Flappy Bird, Pong Single Player, Pong Double Players, Sumo Summer, dan Zombi Hunter. Hobi ini di tulari dari ayah dan kakaknya yang suka membuat game sendiri.

Pada saat ini dia sedang mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mengikuti seleksi lomba matematika internasional. Yaitu, International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2014. Dan capaian ini bisa banyak menginspirasi bagi generasi muda untuk terus mengukir prestasi, sebab ilmu pengetahuan dan teknologi akan memiliki peran penting dalam menuju bangsa yang maju.

Sumber: jawapos.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*