Banyak orang tua yang pada waktu sekarang ini kebingungan dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini dilatarbelakangi dengan berbagai alasan mulai dengan kesibukan dalam dunia perkerjaan yang mengaharuskan banyak menghabiskan waktu untuk bekerja atau karena kurang bisa bersabarnya dalam mendidik anak. Persoalan ini akan dialami semua orang, apalagi yang baru menjadi orang tua. Dan kita sering mendengar pernyataan bahwa anak adalah titipan maka sudah seharusnya orang tua dapat mendidiknya dan mengarahkannya untuk lebih baik.

Dengan begitu kita memahami bahwa anak yang patuh bukanlah dibentuk dengan cara kekerasan atau hukuman. Kepatuhan pada anak justru bisa dimunculkan dari kesadaran dalam diri anak tersebut. Orangtua sebaiknya mendidik kepatuhan anak dengan cara yang membuatnya menyadari bahwa kepatuhan adalah nilai positif. Sayangnya  hal itu tidaklah tidaklah mudah. Semua harus melewati proses yang membutuhkan kesabaran dan usaha ekstra, dan tentunya hal ini bukanlah hal yang tidak mungkin. Berikut adalah cara untuk melatih dan membuat anak supaya menjadi lebih patuh:

1. Konsisten

Untuk melatih anak supaya lebih patuh Anda harus konsisten dalam menentukan peraturan. Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan, karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya.

2. Bersikap lembut

Anak umumnya tidak dapat merespon dengan baik bila kita menghadapi mereka dengan bentakan atau amarah. Tegas bukan berarti harus bersikap keras, Anda bisa lebih lembut. Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan Anda.

3. Beri contoh

Ini adalah cara yang paling efektif untuk membuat anak patuh. Beri contoh pada mereka apa yang harus mereka perbuat. Jangan sampai mereka justru melihat Anda melakukan hal yang Anda larang kepada mereka.

4. Puji mereka

Jangan ragu untuk memuji dan membesarkan hati mereka ketika mereka melakukan hal yang kita inginkan. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai atas usahanya.

5. Menjelaskan hal kepada mereka

Jelaskan kepada mereka maksud dan tujuan baik Anda menetapkan aturan pada mereka, sehingga mereka mengerti kenapa mereka harus mematuhi peraturan yang Anda buat.

Sumber: beritasatu.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*