Ini Dia 3 Kecerdasan Majemuk Anak Perlu Stimulasi

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kecerdasan majemuk, namun kecerdasan ini berbeda tergantung dari stimulasi otak. Jika stimulasi otak yang diterima berpotensi hasilnya akan maksimal. Begitu juga sebaliknya jika tidak berpontensi maka minimum hasilnya. Adapun kecerdasan ini akan muncul saat mendapat stimulasi. Dengan Anda memberikan stimulasi konsisten pada anak, maka akan membentuk kecerdasan. Namun bukan hanya itu, stimulasi tersebut bisa membuat anak mengenali minat dan bakatnya. Lantas, apa saja kecerdasan yang perlu distimulasi? Yu, simak ulasannya dibawah ini.

Beberapa kecerdasan majemuk yang penting distimulasi

Kecerdasan bahasa

Merupakan kecerdasan yang meliputi kemampuan verbal, diantaranya yaitu merangkai kata-kata, mengingat, menyebut nama-nama, mengeja, bercerita dan masih banyak yang lainnya. Dengan bunda melakukan menstimulasi kecerdasan bahasa pada anak, maka bunda juga termasuk melakukan menstimulasi kecerdasan yang lainnya. Nah, untuk itu menstimulasi kecerdasan bahasa ini peranannya sangat penting sekali. Sedangkan cara yang bisa bunda terapkan untuk menstimulasi bahasa, yaitu dengan membacakan cerita, mengajak diskusi, mendengarkan bercerita, bermain tebak kata atau menyusun huruf, dan membuat daftar.

Kecerdasan matematika

Apabila anak ini mempunyai kecerdasan matematika, sudah pasti anak mampu berpikir secara logis serta sistematis. Juga akan tertarik pada sains atau angka, berhitung, mengenal pola dan memecahkan masalah. Adapun cara menstimulasinya, yaitu bunda mengajak anak bermain ular tangga, menghitung benda yang terdapat didalam sebuah ruangan dan melakukan pencampuran dry es dengan air

Kecerdasan visual atau spasial

Adapun kecerdasan visual atau spasial adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk membayangkan bentuk atau gambar. Nah, jika anak bunda suka sekali menyusun balok menjadi sebuah bentuk bangunan, artinya anak bunda memiliki kecerdasan visual. Ingat ya, dalam menstimulasi kecerdasan visual, sebaiknya menggunakan permainan statis sebagai alat bantunya. Adapun cara menstimulasinya, yaitu mewarnai, menyusun puzzle, menggambar, melukis dan menempel stikerbergambar.

See also  3 Cara Jitu Mengatasi Sawan Pada Balita

Itulah tadi beberapa menstimulasi kecerdasan majemuk pada anak yang dapat Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak kecerdasan lainnya yang perlu distimulasi. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai menstimulasi kecerdasan majemuk pada anak bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.