Mempelajari tips menjaga kesehatan gigi pada balita memang penting sekali, agar tidak terserang gangguan kesehatan gigi seperti karies, berdarah dan berlubang. Bila balita mengalami gangguan kesehatan gigi ia akan malas untuk makan, karena jika dibuat makan tidak nyaman dan rasanya tambah semakin sakit. Oleh karena itulah supaya balita tidak mengalami gangguan kesehatan pada giginya, maka jagalah kesehatan giginya dengan baik. Hemmm… lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi pada balita ini? Simak ulasan informasi berikut ini.  

Ini tips menjaga kesehatan gigi balita

Menggosok gigi rutin

Tips menjaga kesehatan gigi pada balita yang paling umum, yaitu menggosok gigi rutin. Kebiasan rutin menggosok gigi bisa mencegah resiko terserang penyakit sakit gigi karena kuman yang suka hidup dimulut mati. Namun ingat ya bunda, sikat gigi yang baik digunakan adalah sikat berbulu lembut karena tidak membuat gusi berdarah dan cidera. Jangan lupa ajarkan pula untuk selalu menggunakan pasta gigi agar kumannya mati dan baunya segar dimulut. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan pengertian bahwa dalam menggosok gigi harus rata agar kumannya mati semua.

Membatasi makanan banyak mengandung gula

Trik menjaga kesehatan gigi pada anak adalah membatasi konsumsi makanan terlalu berlebihan kandungan gulanya. Balita yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan kandungan gula tinggi bisa berakibat karies pada giginya. Cara menghindari masalah tersebut bisa diantisipasi dengan menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan banyak mengandung gula. Oleh karena itulah agar kesehatan gigi balita sehat batasi makanan yang banyak mengandung gulanya.

Hindari permen

Trik selanjutnya untuk menjaga kesehatan gigi balita adalah menghindari konsumsi permen. Permen yang sering dikonsumsi oleh balita ini banyak kandungan gulanya, bila balita Anda sering konsumsi makanan tersebut bisa beresiko terserang gangguan kesehatan pada giginya. Mengapa? karena kandungan gula yang terdapat pada permen tinggi sehingga bisa berakibat gangguan masalah kesehatan gigi.

Mungkin dari beberapa tips menjaga kesehatan gigi balita diatas bisa menjadi acuan untuk Anda. Sebenarnya masih banyak cara lainnya untuk menjaga kesehatan gigi balita. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini mengenai tips menjaga kesehatan gigi balita bisa menginspirasi. Selamat mencoba! 

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*