Tertawa merupakan proses natural yang terjadi jika seseorang merasa bahagia atau melihat sesuatu yang lucu. Tertawa diidentikan dengan rasa bahagia dan berkaitan dengan kualitas mood yang baik. Dalam keseharian, anda tentu akan melihat banyak orang yang tertawa di sekililing baik itu di sekolah, lingkungan rumah, atau tempat kerja. Di balik hal tersebut, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan. Apakah anda juga belum tahu? Untuk menambah wawasan, sebaiknya simaklah ulasan kami tentang Manfaat Tertawa di bawah ini. Selamat menyimak!

5 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

1. Membuat Rileks

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ketika seseorang tertawa, itu berarti dirinya sedang diliputi rasa bahagia. Dengan demikian, hal tersebut akan otomatis membuat diri seseorang merasa nyaman dan rileks. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan, karena kondisi rileks memungkinkan seseorang untuk mengontrol diri lebih baik dan terhindar dari penyakit jantung. Ya, tertawa akan membuat jantung bekerja lebih ringan sehingga risiko terkena penyakit jantung akan menurun drastis.

2. Memperpanjang Umur

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering senyum dan tertawa bisa memiliki umur yang lebih panjang. Selain itu, hal tersebut juga akan memberi kesan ramah pada diri seseorang sekaligus bisa tampil awet muda.

3. Meningkatkan Produktivitas

Tertawa mampu meningkatkan proses produksi seratonin dan endorfin yang akan membuat pikiran menjadi rileks. Lebih lanjut, hal tersebut otomatis akan membuat produktivitas menjadi lebih meningkat. Ya, seseorang dengan kondisi mood yang baik bisa lebih produktif dalam berbagai hal baik itu dalam pekerjaan, pendidikan, dan lain-lain.

4. Meningkatkan Mood dan Menghilangkan Stress

Rasa stress berlebih bisa diatasi dengan tertawa. Maka dari itu anda harus memperbanyak menonton acara komedi yang bisa membuat diri anda tertawa, supaya rasa stress berlebih bisa diatasi dengan baik. Jika rasa stress sudah hilang, maka tentu saja suasana hati atau mood akan turut meningkat pada level yang lebih baik. Keduanya sangat berkaitan satu sama lain pada kondisi jiwa.

5. Analgesik Alami

Jika anda sering mengalami sakit atau nyeri pada beberapa bagian tubuh, maka sangat disarankan untuk banyak tersenyum dan tertawa. Untuk mewujudkannya, tentu saja anda harus mencari media yang bisa membuat anda tertawa. Ya, tertawa tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa suatu proses. Carilah hiburan bersama orang-orang dekat supaya anda bisa merangsang proses terjadinya tertawa. Hal tersebut bukan hanya berpengaruh pada kondisi mood atau suasana hati, tapi bisa pula menjadi analgesik alami yang menghilangkan rasa sakit di beberapa area tubuh tertentu.

 

Itulah beberapa Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan. Luar biasa bukan? Tertawa tidak hanya berkaitan dengan suasana hati atau kebahagiaan seseorang, namun memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dengan fakta tersebut, maka anda tidak perlu ragu untuk melepaskan tawa dalam beberapa kondisi tertentu. Namun tentu saja kami tidak menyarankan anda untuk tertawa secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, karena dengan hal tersebut justru anda akan dianggap orang yang kurang waras. Tertawalah pada kondisi yang semestinya, semisal menonton acara komedi, melihat sesuatu yang lucu di sekitar, dan lain-lain. Intinya, anda tidak perlu menahan tawa jika memang ingin mengekspresikan hal tersebut, karena anda akan mendapat manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Sekian ulasan kami tentang Manfaat Tertawa, semoga bermanfaat.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*