Dalam sebuah perusahaan posisi marketing itu sangat penting sekali, alasannya jalan dan tidaknya sebuah perusahaan ditentukan berapa banyak produk yang dapat di jual kepasaran. Sehingga ini memberikan gambaran bahwa kedudukan pemasaran itu sangat vital sekali. Sehingga tidak kaget kalau lowongan yang banyak ditawarkan oleh perusahaan adalah menjadi marketing. Dan tentunya tidak semua orang memiliki kemampuan di bidang yang penuh dengan tantangan dan target dari perusahaan.

Namun sebenarnya semua orang bisa untuk menduduki posisi ini, yang paling penting mau terus belajar dan belajar. Karena dengan keseriusan dan niat untuk mau belajar itu akan teratasi dengan baik. Dan ini ada beberapa saran untuk menjadi seorang  marketing yang handal.

Pertama, harus mengetahui lingkungan, karena dengan mengetahuinya akan dapat menentukan kelompok pasar yang akan di bidik. Setelah mengetahui tujuan yang akan dibidik akan memudahkan untuk fokus pada kelompok tersebut. Dan ini akan memberikan pengetahuan apa keinginan dari lingkungan yang dibidik dan ini lebih efektif utuk dapat meningkatkan penjulan produk.

Kedua, promosi produk. Ini yang dilakukan oleh semua perusahaan untuk dapat menarik kosumen untuk mau membeli produk. Dan disini banyak cara yang dilakukan untuk dapat mempromosikan, misalnya saja dapat mengiklankan di media massa, memasang iklan di di jalan-jalan denga baliho. Namun cara kedua ini terlihat akan menjadikan sampah visual yang akan nampak sepanjang penglihatan. Dan pada waktu sekarang ini banyak perusahaan yang mempromosikan lewat media sosial, karena sangat efektif seiring dengan pertumbuhan pengguna media sosial yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Akan tetapi, cara pemasaran yang paling baik itu adalah tetap dengan word-of-mouth publicity. Sebab kekuatannya terdapat pada keyakinan pelanggan baru dari kawan yang telah memmebeli produk tersebut. Ini yang tidak akan pernah bisa dikalahkan dengan media promosi yang lain.

Ketiga, pemilihan lokasi yang straegis. Ketepatan dalam pemilihan lokasi akan bedampak secara langsung terhadap keberhasilan sebuah prmosi. Misalnya saja ketika kita menjual produk kosmetik, maka kita harus memilih tempat yang kira-kira banyak perempuan yang lalu-lalang disana. Ini akan memberikan efek langsung untuk mengenalkan kepada konsumen.

Keempat, keluar dari comfort zone. Hal ini sangat penting untuk sebagai dasar pola pikir. Karena akan memberikan rasa ketidak puasaan dalam menjual sebuah prodak dari perusahaan, yang tentunya akan terus mengembangkan penjualan.

Kelima, inovasi. Dalam dunia bisnis inovasi penjualan ini sangat memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan prodak. Sebab tanpa inovasi sebuah bisnis akan kalah dengan para kompetitor yang terus mengembangkan cara menakhlukkan konsumen. Maka sebuah inovasi penjualan itu harus terus dilakukan ditunjang juga oleh inovasi prodak.

Sumber: jobsdb.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*