Saat memasuki toko atau tempat perbelanjaan maka kita akan terbuat heran dan takjub dengan berbagai macam barang yang ada, namun sebagian besar barang itu adalah produksi negara asing. Akan tetapi ada yang berbeda dibeberapa area terlihat dengan berbagai macam produk asli Indonesia, salah satunya mie instan yang banyak beredar dan digemari oleh masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bersama banyak produk asing yang telah memenuhi pasar Indoneisa. Hal ini terkait dengan berbagai kebijakan pemerintah yang longgar dan tidak memproteksi industri dalam negeri.

Disisi lain ada produk Indonesia yang sangat terkenal di dunia adalah Indomie. Makanan ini berupa mie yang hanya butuh di rebus dalam proses pembuatannya. Produk makanan ini sangat digemari di berbagai belahan dunia misal saja negara Nigeria yang menjadikan Indomie sebagai makanan pokok dalam keseharian. Hal ini, didudukung dengan berbagai rasa yang ada dan kemudahan dalam pembuatannya sehingga makanan ini banyak penikmatnya.

Yang lebih menakjubkan, Indomie bukan hanya dikenal di Indonesia atau beberapa negara, namun dunia. Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Franciscus Welirang, Indomie sudah diekspor ke 80 negara di lima benua selama lebih dari 20 tahun. Indomie bukan hanya dikenal di negara tetangga dekat di Asia seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Hong Kong hingga Taiwan. Namun, Indomie sudah terbang jauh ribuan kilometer mulai dari wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika hingga benua Amerika.

Di negara-negara Afrika dan Timur Tengah, seperti Sudan dan Libanon malah hampir ada di setiap toko retail dan super market. Di Amerika Serikat, Indomie malah menjadi  salah satu kado natal favorit. Seorang blogger yang bernama Roger Ebert, kritikus film berpengaruh di AS pada 13 Desember 2009 menyebutkan lima bungkus Indomie goreng sebagai hadiah natal favorit paling murah.

“Dengan harga US$2,49, saya sarankan hadiah Mi Goreng Instan Indomie – Mix 5 Flavor – untuk dimasak,” tulis Ebert. Saat itu, dia memang tak langsung mencoba. “Namun, karena desakan rekan dari India, S.M. Rana, saya membelinya untuk teman-teman. Mereka bilang sangat lezat – pasta instan paling gurih yang pernah dicoba,” tulis Ebert.

Cita rasa dan pengharagan yang diberikan oleh negara lain akan Indomie menunjukan bahwa makanan ini sangat digemari masyarakat. Meskipun banyak masyarakat yang pro dan kontra akan kesehatana dari makanan ini. Akan tetapi, pada dasarnya semua makanan itu tidak baik kalau mengkonsumsi berlebihan, ini yang harus selalu diingat oleh para konsumen dan penikmat makanan.

Sumber: news.viva.co.id

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*