Bandara Internasional Soekarano hatta adalah bandara yang beroperasi di jabotabek. Karena banyak penerbangan internasional yang harus transit dulu di bandara ini. sebelum melanjutkan penerbangan ke kota lain yang ada di nusantara. Bandara ini baru di operasikan pada tahun 1985 untuk menggantikan bandar Udara Kemayoran. Sedangkan bandara Halim Perdana Kusuma hanya menjadi temapat untuk penerbangan charter dan militer.

Bandara ini memiliki luas 18 km², dengan 2 landasan pararel yang dipisahkan oleh taxiway sepanjang 2, 4 km. Bandara ini dibangun oleh arsitek dari Perancis Paul Andreu. Dan bandara ini memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan bandara yang lain yaitu gaya arsitektur lokal dan kebun tropis diantara lounge tempat tamu.

Baru-baru ini ada kabar yang menggembirakan dari Bandara Soekarno Hatta menjadi salah satu bandara yang berkembang terbaik ke empat dunia atau The World’s Most Improved Airport 2014. penilaian ini adalah pemberian dari lembaga penerbangan internasional yaitu Skytrax. Kabar ini memberikan kebanggaan akan kualitas pelayanan yang diberikan oleh bandara Soekarno Hatta.

Survei tersebut digelar sejak 2013 hingga Februari 2014, guna mengevaluasi pengalaman penumpang pesawat terhadap 39 item pelayanan di bandara seperti ketersediaan taksi beserta tarif yang wajar, lalu kenyamanan terminal, suasana di terminal, dan desain terminal, kemudian kebersihan terminal, kebersihan lantai, kebersihan di kursi, serta kebersihan di area publik.

Dalam daftar peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga itu menempatakn Soekarno Hatta menempati peringkat ke empat. Posisi ini lebih baik dari bandara Ferenc Liszt International Airport di Rumania Gatwick Airport di London, Baiyun Airport di Guangzhou, Dubai International Airport di Dubai, King Khalid International Airport di Riyadh, dan Barajas Airport di Madrid. Ini menunjukan kualitas bandara Soekarno telah di akui dunia. Sedangkan dalam daftar yang ada itu, peringkat pertama diduki oleh bendara Bao’an International Airport di Shenzhen, Cina.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 di dunia pada 2013. Saat ini beroperasi dengan 3 terminal penumpang yakni Terminal 1 dan Terminal 2 yang berkapasitas masing-masing 9 juta penumpang per tahun, serta Terminal 3 dengan daya tampung 4 juta penumpang per tahun.

Kebanggan ini tidak membuat pihak pengelola bandara terlena. Karena menurut  Bram Bharoto Tjiptadi, Senior General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta menyatakan pelayanan akan terus ditingkatkan untuk memberiakn pelayan yang terbaik terhadap penumpang. Sebagai komitmen untuk menjadiakn bandara ini menjadi bandara world class.

Sumber: Kompas.com, Tempo.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*