Tentara Nasional Indonesia atau yang biasa disingkat dengan TNI yang bertugas di Lebanon sebagai penjaga perdamian. Dan tergabung dalam satgas (Indonesia Battalion) kontingen Garuda (Konga) XXIIIH/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon ). Baru-bari ini mendapat penghargaan dari LAF (Lebanes Armed Forces) terhadap 20 prajurit tim patroli yang berasal dari kompi Alpha.

Penghargaan ini diberikan setelah kedua puluh Peacepekeer Indobat ini melaksanakan patroli di wilayah TP 36  El Aadeisse yang berada diantara technical fence dan garis blue line pada tanggal 18 Januari 2014 lalu. Mereka menemukan dua kotak misterius (two suspicious objects) yang kemudian diketahui bahwa kedua benda tersebut merupakan spying device (peralatan mata-mata). Penemuan ini menunjukan sikap profesionalitas dari TNI ketika ditugaskan oleh negara Indonesia.

Seperti yang dikemukan oleh  Kolonel Ahmad Assir yang mewakili  Brigjen Abou Khalil dalam acara penyerahan penghargaan kepada para prajurit Indobat, bahwa sikap profesional akan selalu di junjung oleh TNI. Sedangkan kedua puluh perajuti yang menerima penghargaan itu adalah Lettu Inf M.A. Maulana, Sertu Ricardo, Serda Purwanto, Praka Adi Susanto, Kopda Kasim, Praka Tulus, Praka Aziz Yodi, Praka Jarmanto, Praka Andri Atmoko, Praka Mangara Panjaitan) dan Tim Patroli-2 (Lettu Asep Saroi, Sertu Aceng, Sertu M.Ali, Serda Wawan, Pratu nurdin, Praka Fauzan, Praka Romadlon, Praka Sunggono, Kopda Adi Wibowo, Kopda Tarjani).

Pemberian penghargaan ini dilakukan di Lapangan Soekarno, Markas Indobatt UN Position 7-1, Adchit El Qusayr, Lebanon Selatan. Dan turut dalam acara tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Lebanon Bapak Drs. Dimas Samodra Rum, MBA, Komandan Kontingen Garuda Kolonel Inf Adipati Karnawijaya, Dansatgas SEMPU Letkol Cpm Andri Gunawan, Komandan Batalyon Nepal Letkol Sushil, dan tamu undangan dari kontingen negara lain seperti Indiabatt dan Spainbatt. Hal ini akan memberikan motivasi bagi TNI untuk terus meningkatkan kinerjanya lebih baik.

Sumber: gatra.com

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*