Rafi Ridwan, Desainer Tuna Rungu Berusia 11 Tahun yang Disanjung Tyra Banks

Keterbatasan alat indera tidak lantas membuat Rafi Abdurrahman Ridwan harus diam meratapi nasib. Lewat rancangan bajunya, nama Rafi melambung di luar negeri. Bahkan sekelas super model Amerika Serikat, Tyra Banks memuji Rafi setinggi langit.

“So, this is Rafi. Rafi is from Jakarta. Rafi is a prodigy. At 9 years old, he had his first collection fashion week, here in indonesia. And now he is 11. Rafi is also deaf, yes. And is an amazing prodigy,” ujar Tyra Banks.

Pernyataan itu disampaikan Tyra Banks saat memperkenalkan Rafi kepada finalis America’s Next Top Model di Bali beberapa bulan lalu. 14 Baju karya Rafi memang dirancang khusus untuk sesi pemotretan event tersebut.

Baru saja pulang sekolah, Rafi yang ditemani ibunya dengan ramah menyambut kedatangan detikcom. Rafi, dengan bantuan interpretasi Sang Ibu, berbagi soal hal-hal yang sudah dicapainya dan keinginannya.

“Bajunya Rafi secara offisial hanya dipakai 7 (pasang),” kata ibunda Rafi, Shinta Ayu Handayani saat berbincang soal pengalaman mereka berjumpa supermodel Tyra Banks di kediamannya, Jatiwaringi, Selasa (17/12/2013).

Shinta begitu terkejut saat pertama kali dihubungi manajemen Tyra Banks. Rasa tak percayanya makin bertambah saat tahu Tyra Banks meminta karya Rafi menjadi wadrobe acara tersebut.

“Kakinya rasanya mau copot, ini beneran Tyra Banks?” kisah Shinta.

Rafi diminta membuat 14 baju hanya hitungan tiga minggu dengan warna yang didominasi hijau. Rafi sempat bingung dengan permintaan warna itu. Karena sesi pemotretan berada di hamparan sawah yang justru berwarna senada dengan permintaan Tyra.

Awalnya Shinta merasa tak yakin bakal bisa memenuhi permintaan itu. Bukan hanya takut Rafi bakal kewalahan, Shinta juga khawatir karena belum memiliki tukang jahit yang profesional.

See also  Rini Melangkah ke Dunia Hollywood

Namun ketakutan itu sirna. Apalagi tawaran ini merupakan kesempatan langka bagi Rafi yang memang bercita-cita sebagai desainer papan atas. Toh, akhirnya Rafi bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu itu tiba juga. Rafi yang memang sangat mengidolakan Tyra Banks diajak bertemu di Bali sekaligus untuk memperlihatkan karya-karyanya.

Sayangnya momen pertemuan Rafi dan Tyra Banks tidak bisa diabadikan melalui kamera profesional. “Permintaan manajemennya, jadi saya cuma motret dari HP saja,” tutur Shinta yang rutin mendokumentasikan berbagai karya Rafi di dalam sebuah koper hitam besar.

Tyra Banks bagi Shinta adalah sosok yang juga membantu perkembangan karir Rafi. Tyra Banks bahkan menampilkan beberapa kali sosok Rafi dalam video pemotretan acara tersebut

“Rafi ikut terus selama sesi pemotretan,” sambung perempuan berkerudung ini.

Jalan Rafi merintis karir di dunia desain mulai mekar sejak tampil di The Jakarta Fashion Week 2012. Di ajang prestisius itu, Rafi mementaskan 24 karyanya. Sambutannya saat itu sangat luar biasa.

Dan usut punya usut, sejak itulah Tyra Banks terus memantau prestasi Rafi. Tyra ingin tahu apakah siswa kelas 5 SD LB (Sekolah Dasar Luar Biasa) di Cipete ini memang produktif dalam menciptakan desain baju atau hanya berdasarkan mood.

Rafi juga pernah diajak oleh Dinas Pariwisata Pemprov DKI ke Melbourne. Lalu ada Hijabersmom Community – Lovely Moment for Lovely Kidsby Hijabersmom hingga Indonesia Creative Week.

Luar biasanya kisah Rafi sebenarnya tak hanya dilihat dari usianya yang terbilang masih cilik. Namun sesungguhnya Rafi adalah seorang tuna rungu sejak lahir. Bahkan setengah perjalanan hidupnya dijalani dengan bolak-balik ke rumah sakit karena berbagai gangguan kesehatan.

“Saya bersyukur dapat kesempatan ini. Apa yang dilakukan Rafi menjadi bukti jika ketika diberi kesempatan, orang seperti Rafi pun bisa melakukan hal yang tidak kalah dibanding orang normal,” ujar Shinta bangga.

See also  Pelajar Pesantren yang Menorehkan Prestasi Tinggkat Dunia

referensi: https://www.facebook.com/KBMIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.