Senegal Puji Pesawat Buatan Indonesia

Pesawat asli buatan Indonesia ternyata diminati di luar negeri. Adalah Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Senegal, Jenderal Ousmane Kane memuji kemampuan pesawat angkut militer CN-235 produksi Indonesia.

“Pesawat ini bisa terbang dalam segala cuaca dan irit bahan bakar. Kami menggunakannya untuk segala keperluan,” kata Ousmane saat pertemuan dengan Wakil Menteri Pertahanan RI Sjafrie Sjamsoeddin di Dakar, Senegal, Jumat (5/07/2013).

Jenderal Ousmane mengatakan, saat ini negaranya tengah berusaha meningkatkan kemampuan kekuatan udara. Sehingga sangat membutuhkan berbagai pesawat, radar, roket, dan amunisinya.

“Bagaimana kami bisa mendapatkan pesawat buatan Indonesia. Untuk itu kami perlu lebih banyak informasi, dokumen, dan skema pembiayaannya karena harus dikoordinasikan dengan pihak lain di Senegal,” katanya.

Pesawat-pesawat dari Indonesia itu, tuturnya, diharapkan bisa memperkuat armada Angkatan Udara Senegal ke depan.

Staf operasional Angkatan Udara Senegal menambahkan pesawat CN-235 yang dimiliki Senegal dipergunakan untuk transportasi VIP, prajurit, serta digunakan untuk ambulans udara demi membawa yang sakit dan terluka.

“Pesawat digunakan untuk terbang dalam segala cuaca, tapi tak bisa digunakan untuk terjun payung. Karena pintunya tidak dilengkapi untuk penerjunan,” kata staf berpangkat kolonel itu.

See also  ISRA, Radar Pengawas Pantai Buatan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.