“Coffee Toffee”, Kompetitor Gerai Kopi Mancanegara

Bagi penikmati kopi, mungkin sering mendengar salah satu gerai ini, yang banyak berada di mal-mal Jawa, Bali, dan Sumatra. Namanya adalah Coffee Toffee sebuah gerai kopi yang sudah cukup terkenal di alam perkopian tanah air. Karena gerai ini menawarkan kopi khas nusantara yang membedakan dengan tempat lain.

Latar belakang berdirinya gerai ini, sebagai bentuk keprihatinan dari Rakhma Sinseria yang melihat begitu banyaknya  produk luar yang menyerbu Indonesia, termasuk kopi. Karena menurutnya Indonesia itu negara yang terkenal dengan hasil kopi berkelas seperti luak kopi, kopi aceh dan masih banyak lagi. Namun belum ada tempat yang asli Indonesia untuk urusan tempat ngopi. Dari keprihatinan itu dia membuat gerai kopi sendiri yang berkhas nusantara.

Kemudian dia bersemangat untuk dapat merealisasikan ide yang terbenam dalam pikiran. Kemudian, pada awalnya dia membuka 10 gerai kopi pasca memenangkan lomba Wanita Wirausaha Femina 2010. Namun, usaha awal itu gagal sebab banyak prediksi yang meleset yang diluar perkiraannya. Menurutnya kegagalan pada awal usaha itu adalah kurangnya perhitungan yang matang dan bisnis itu bukan seperti matematika satu tambah satu sama dengan dua.

Oleh sebab itu, dia bangkit dari kegagalan yang pertama dengan merekrut orang-orang yang berkompeten di bidanngya. Misalnya dalam hal marketing, dan keuangang yang memiliki peran vital dalam sebuah bisnis. Apalagi konsep gerainya itu belum jelas pada masa lalu, apakah pangsa pasar itu pelajar, pekerja, atau semua kalangan. Sehingga pada waktu sekarang memutuskan mengambil pasar dari pelajar atau mahasiswa.

Sehingga pada waktu sekarang dapat merasakan keberhasilan dari kegigihannya dalam berbisnis. Ditambah lagi dia banyak menerima masukan dari pelanggan untuk mengembangkan gerainya agar lebih baik lagi.  Misal saja, dulu logo yang ada itu tidak bagus, maka kini telah diubah untuk lebih baik dan menawan. Karena ini menjadi salah satu cara untuk dapat berkembang dengan berinteraksi dengan pelanggan.

See also  Indomie yang Mendunia

Dari pengelaman yang pahit itu, kini gerai Coffee Toffee telah menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda. Karena gerai ini telah di bentuk modern seperti gerai-gerai kopi dari luar negeri. Sehingga pelanggan di buat nyaman dan senang untuk dapat menghabiskan waktu  bersama teman, sambil meminum kopi.

Sumber: cipuetraenterpreneurship.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.